Culture shock orang Indonesia mengenai Perancis

Setelah lama tinggal di Perancis, bertahun-tahun biasanya saya dan teman-teman selalu menyambut pelajar yang baru datang ke Perancis. Seperti biasa, banyak hal-hal yang ditemui disini yang bikin mereka kaget. Well, mungkin dulu banyak juga hal-hal yang bikin gw kaget, tapi berhubung dulu gw belum lama tinggal disini, gw pikir mungkin ini cuman pemikiran gw doang. Tapi ternyata sebagian besar keluhan kita *khususnya orang Indonesia mengenai sistem dan kehidupan Perancis itu gak jauh-jauh beda. Kalau ada list yang layak ditambahin, ditunggu komennya😉

Proses administrasi yang lama

Buat orang Indonesia, urusan administratif di Perancis bisa jadi sangat menyebalkan. Kita udah biasa dengan layanan instant yang cepat jadi. Disini, pembuatan Titre de Séjour atau bahasa kampungnya bikin KTP, bisa memakan waktu berbulan-bulan disertai bolak-balik ke kantor administratif, ditambah menunggu panggilan surat via pos. Contoh lainnya lagi, pembukaan rekening bank dan pembuatan ATM musti menunggu berbulan-bulan. Keki banget kan nunggu melulu dan gak jadi-jadi. Padahal di Indo bisa bikin ATM sehari jadi *versi yang gak cetak nama. Gak hanya layanan publik, keperluan kampus seperti pembuatan ijazah asli yang terlegalisir juga harus menunggu sampai 6 bulan lamanya. Yuuk!

Pelayan restoran yang tak terlalu ramah

Di negara manapun di Asia, sudah menjadi budaya kalau pelayan retoran atau toko beramah-tamah melayani pembeli berkat pepatah pembeli adalah raja. Lain halnya disini, pelayan toko tidak seramah dan sedia setiap saat untuk melayani pembeli  (berkat sistem SMIC *kebijakan gaji minimum beserta sistem jumlah jam maksimum pekerja yang dilindungi pemerintah).

Toko-toko gak ada yang buka setelah jam 7 malam ketika hari kerja dan hari minggu

Budaya nge-mall orang Indonesia tentunya sulit dipraktikkan disini. Pengen keluar masuk toko cuman sekedar buat jalan-jalan window shopping aja sulit dilakukan pada hari kerja di atas jam 7 malam. Orang Perancis strick terhadap jam kerja dan gak perlu buka toko sampai tengah malam untuk bisa hidup dengan penghasilan layak. Hari Sabtu lah saatnya kita berjalan-jalan, dimana toko-toko biasanya buka *agak lebih malam, yaitu sampai jam 8 atau 9. Tapi hari Minggu bener-bener seperti kota mati. Sehingga budaya nge-mall di akhir pekan berubah menjadi budaya menyepi dan istirahat. Di ibukota seperti Paris, mungkin ada beberapa tempat yang buka Minggu pagi, tapi biasanya jam 12 siang sudah tutup. Restoran, bar atau tempat makan biasanya tetap buka pada jam makan siang dan malam.

Gak ada yang buka 24 jam

Hal-hal yang 24 jam gak ada nih di Perancis, jadi kalau nyari McD 24 jam gak bakalan nemu. Kebiasaan anak kampus yang suka tiba-tiba lapar tengah malam, atau kepengen bersantai sambil browsing-browsing berlama-lama gak bisa diterusin disini. Kalau mau cari tempat yang buka tengah malam cuman ada bar dan diskotik.

Menu makan di restoran hanya tersedia pada jam makan siang dan makan malam yang telah ditentukan saja

Kehidupan orang Perancis biasanya serba teratur termasuk waktu sarapan, makan siang dan makan malam. Tidak seperti kita yang bisa makan kapan saja ketika lapar. Nah, kalau datang ke restoran Perancis misalnya jam 4 sore dan kita mau pesan menu makan siang, gak bakalan bisa. Menu makan besar untuk makan siang biasanya tersedia dari jam 11-2 siang, dan makan malam dari jam 7-tutup. Jadi, di antara jadwal makan siang dan makan malam, kita cuman bisa pesan menu waktu tea-time seperti crêpe, dessert, dan makanan ringan sejenisnya. Pernah waktu itu kita memang terlewat makan siang dan ingin makan pas jam 5 sore, gak ada restoran yang mau masakin makanan besar sampai ujung-ujungnya kita nunggu jadwal makan malam baru pesan. T_T

3 thoughts on “Culture shock orang Indonesia mengenai Perancis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s