Kehidupan di Prancis

Karakter orang Prancis – #rumpiah episode 01

Hai teman-teman, lama tak update blog, saya bersama kedua teman saya, Momo dan Putri yang juga telah tinggal bertahun-tahun di Prancis bikin podcast untuk berbagi lebih dalam mengenai pengalaman kami selama tinggal di Prancis. Di episode perdana podcast #rumpiah ini, kami ngobrolin mengenai karakter orang Prancis dari pengalaman pribadi kami. Dari sekian banyak stereotype, mana… Continue reading Karakter orang Prancis – #rumpiah episode 01

Belajar bahasa

Tips belajar bahasa Jepang mandiri

Salah satu hikmah karantina pandemik ini buat saya adalah kembali konsisten belajar bahasa Jepang setelah on-and-off belajar semenjak tahun 2015. Jadi pada tahun 2014, saya liburan ke Jepang setengah bulan dan 8 hari saya gunakan untuk ikutan voluntir di sebuah rumah merawat orang cacat, autism, dan berbagai disabilities lain. Sekembalinya saya mulai belajar bahasa Jepang… Continue reading Tips belajar bahasa Jepang mandiri

Traveling

Budget solo trip Amerika dan Kanada 12 hari (East coast)

Solo trip ke Amerika dan Kanada mahal gak sih? Yang sudah mampir mengunjungi postingan itinerary perjalanan saya ke Amerika dan Kanada bagian east coast disini, kali ini saya ingin berbagi mengenai rincian budget yang saya keluarkan selama 12 hari. Sebelum sampai ke total budget, mari kita bagi rincian pengeluaran ke beberapa bagian. Tiket pesawat Tiket… Continue reading Budget solo trip Amerika dan Kanada 12 hari (East coast)

Kehidupan di Prancis · Studi di Prancis

Suka duka awal datang ke Prancis

Apa sih yang perlu diketahui sebelum dateng ke Prancis? Sebagai pendatang, kita pasti excited banget untuk bisa integrasi dengan komunitas dan orang-orang Prancis. Tapi yang namanya perbedayaan budaya dan bahasa bikin gak segampang itu buat integrate dengan orang-orang Prancis. Saya bersama temen saya Cuni, penulis blog juga cunicandrika.com berbagi mengenai kisah awal-awal kita ketika baru… Continue reading Suka duka awal datang ke Prancis

Uncategorized

Tentang Etika Teknologi

Jadi bulan November tahun 2019 lalu, saya menghadiri sebuah konferensi Agile Testing Days seputar Software Testing di Potsdam, Jerman. Konferensi ini berlangsung selama seminggu dan terdiri dari berbagai macam format mulai dari workshop, tutorial, keynote talks dan presentasi-presentasi dari orang-orang yang expert di bidangnya. Salah satu sesi yang menarik adalah sebuah topik yang berjudul "Where… Continue reading Tentang Etika Teknologi