Belajar bahasa dari rumah

Saya sebenernya hobi sekali nyobain berbagai macam tools yang tersedia di dunia maya untuk belajar bahasa. Kayaknya sih ada puluhan website dan apps yang udah saya cobain untuk belajar macem-macem bahasa. Sekarang sih sebenernya lagi belajar bahasa Jepang, tapi belajar bahasa yang lain juga membantu banget kalau kita rajin dan konsisten review dengan sumber yang tersedia di internet. Buat saya, beberapa web dan apps berikut sangat membantu perkembangan belajar bahasa khususnya yang autodidak sendiri di rumah:

Lang-8
Ini website favorit saya untuk latihan menulis atau bikin essay kecil-kecilan. Di sini kita bisa publish tulisan kita yang nantinya akan dikoreksi tiap kalimatnya oleh para native. Kita juga bisa mengoreksi essay  yang dibuat oleh orang lain dalam bahasa Indonesia. Ini manfaat banget terutama buat latihan untuk persiapan ujian sehingga kita bisa bikin essay dan dapet koreksi gratisan dari native langsung. Nih ada contoh tulisan cupu Jepang saya yang dikoreksi.

Lang-8

Memrise
Kalau web yang ini lebih asik lagi khususnya bagi para pemalas yang tetep ingin belajar kayak saya. Seperti main game, kita bisa memilih paket-paket vocabulary untuk dihapalkan dan kemudian di test melalui permainan dalam waktu tertentu yang akan menampilkan skor kita, lulus atau tidaknya. Web ini menggunakan pola belajar short-term memory lalu kemudian long-term memory. Setelah kita berhasil menghapalkan beberapa kata, dalam beberapa jam atau hari kemudian, dia akan mengingatkan kita untuk kembali mengetest apa yang udah kita pelajari. Selain itu, kita juga bisa membuat paket kumpulan kata-kata kita sendiri. Bahkan buat kita yang belajar bahasa mengikuti buku cetak tertentu, udah banyak banget paket-paket vocabulary yang tersedia di memrise untuk mereview dan membantu kita untuk menghapal kata-kata per chapter yang sesuai di buku tertentu.

Italki
Buat yang sedikit punya modal, kita bisa tetep ikutan les privat dari rumah melalui Italki ini. Intinya web ini menghubungkan para guru profesional dan informal yang menawarkan kursus via skype, murid-murid yang mencari guru serta orang-orang yang ingin mencari partner untuk language exchange. Setiap sesi kursus berakhir, kita bisa memberikan feedback satu sama lain secara publik sekaligus memberikan informasi kepada orang-orang yang mencari guru.

Italki

Verbling
Ini website juga terkadang seru. Konsepnya adalah chat-roulette atau ngobrol giliran seperti speed-dating. Web ini setiap periode tertentu secara acak akan menghubungkan kita dengan orang-orang yang lancar pada bahasa yang kita pelajari, begitu juga sebaliknya. Kita akan dihubungkan dengan orang-orang yang ingin praktek ngobrol dalam bahasa yang kita lancar. Jadi kita secara bergantian melakukan language exchange. Tapi dengan verbling ini kita gak boleh malu-malu sih, harus terus bertanya dan bercerita terus-terusan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s