Google it yourself, please! -mari bertanya kritis

Ada satu attitude yang akan sangat bermanfaat sekali ketika kita berada di luar negeri khususnya negara maju yang individualis. Tentunya akan sangat baik sekali kalau kita-kita yang berencana kuliah di luar Indonesia bisa mengadopsi mental agar istilahnya gak sedikit-sedikit minta disuapin dan bertanya secara kritis.

Bertanya secara kritis disini merupakan bertanya ketika kita sudah mencari dan membaca seluruh informasi yang sebenernya sangat gampang sekali kalo kita mau googling sebentar saja. Pertanyaan-pertanyaan dasar seperti cara pendaftaran, biaya ini itu, sistem pendidikan, cari universitas, dll sebenernya jawabannya sudah ada dimana-dimana, dan masih banyak lagi pertanyaan lain yang sebetulnya gak perlu ditanyakan.

Teman-teman yang sudah di luar negeri sih sebenernya tidak keberatan untuk membantu adik-adik yang butuh bantuan atau klarifikasi, membimbing kalau ragu dengan beberapa pilihan untuk tahu mana yang lebih tepat sesuai yang sebenernya dicari. Disinilah kita sama-sama belajar untuk membedakan mana yang layak ditanyakan atau tidak. Ini juga itung-itung latihan beradaptasi dengan orang-orang di negara maju yang pastinya jauh lebih merasa *annoyed dengan orang-orang yang malas googling dan sedikit-sedikit minta dikasihtau ehehe.

Yuk ah jadikan bertanya sebagai senjata terakhir setelah research sebanyak-banyaknya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s