Université atau Grande école ?

Postingan ini dibuat untuk menjawab beberapa pertanyaan belakangan ini yang gw terima di email, untuk berbagi secara garis besar perbedaan antara Université atau Grande école, 2 sistem pendidikan yang berbeda untuk jenjang kuliah. Gw sendiri kuliah di Grande école, jadi testimoni mengenai perkuliahan di Université gw dapetin dari pengalaman temen-temen lain.

Secara umum saja yah menurut gw,

Grand école

  • lebih terfokus untuk membekali mahasiswanya dengan skill-skill di dunia kerja, kurikulum lebih praktis ketimbang teoritis
  • jurusan jauh lebih spesialis
  • punya hubungan dan networking yang kuat dengan perusahaan-perusahaan/sektor industri
  • lebih bergengsi di Perancis *katanya
  • pastinya jauh lebih mahal

Université

  • lebih teoritis, khususnya pada 3 tahun pertama (tingkat Licence)
  • tapi gak menutup kemungkinan adanya kurikulum profesional di Université
  • lebih murah *jauuh
  • lebih fokus ke riset/penelitian, walaupun riset di Grande école juga sudah mulai ditekankan

Peluang kerja setelah lulus?

Terus, gimana sih peluang kerja setelah lulus? Berdasarkan pengalaman pribadi dan yang gw lihat, memang lulusan Grande école lebih mudah mendapat tawaran kerja di industri dibandingkan lulusan Université. Karena kurikulum Grande école lebih menekankan ke proyek riset atau industri yang sesuai dengan kebutuhan terkini perusahaan-perusahaan, serta pelajar yang berhasil masuk Grande école lebih selektif, sampai saat ini perusahaan-perusahaan di Perancis melihat lulusan Grande école lebih mumpuni dalam skill praktis. Dari pengalaman puluhan wawancara yang gw lewati, secara garis besar ada 3 pertimbangan HR dalam menyeleksi:

  • lulusan Grande école atau Université, gimana classement (peringkat/rangking) institusi pendidikat tersebut di Perancis
  • jika lulusan Grande école, gelar Diplôme d’ingénieur atau Master
  • masuk lewat concours préparatoire (prepa) atau tidak
  • IPK gak ngaruh, lebih dilihat pengalaman praktis kita (proyek riset, industri atau magang)

Di Grande école, gelar yang lebih bergengsi menurut perusahaan-perusahaan Perancis adalah Diplôme d’ingénieur – setara Master, yang merupakan gelas Master nasionalnya negara Perancis. Salah satunya karena untuk masuk program ini sangat sulit, untuk orang Perancis harus melalui concours préparatoire (semacam kompetisi SPMB lah kalau di Indonesia). Tapi tidak menutup kemungkinan buat kita-kita yang lulusan S1 di Indonesia untuk masuk program ini melalui seleksi administratif (ijazah, IPK, wawancara, dll).

Tapi bukan berarti yang lulusan Uni gak punya kesempatan yang sama di sektor industri, kurikulum Université sendiri sudah banyak mengadaptasi untuk mempersiapkan mahasiswanya di dunia profesional, dengan program magang misalnya. Karena gak seperti di Indonesia dimana masih melihat IPK untuk lulusan fresh graduate, perusahaan Perancis gak peduli dengan IPK selama kandidat mampu menjustifikasi kemampuan yang tertulis di CV-nya selama proses interview.

6 thoughts on “Université atau Grande école ?

  1. Denger denger kalo universitas2 di eropa itu ratingnya sama bener gak sih? Berlaku jg di perancis apa gak?

    Sama tolong kasih beberapa universitas yang recommended dong😀 terutama di jurusan teknik elektro.

    Terima kasih🙂

    • Kalau peringkat tetap ada (yang dilihat sesuai kriteria tertentu; jumlah riset, dll), tapi untuk pendaftaran, universitas di Perancis secara peraturan menerima seluruh kandidat walau dalam praktik jumlah terbatas sehingga prioritas penerimaan pelajar per sektor (daerah, dll) lebih diutamakan dan gak terlalu selektif.

      Kalau Grande école baru ada klasemen peringkat dan selektif berdasarkan nilai dan kemampuan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s