Pesan papa

Teringat selalu pesan papa dikala aku sedang sedih dan stress ataupun putus asa. Papa kebetulan selalu rajin mengutip salah satu ayat di surah Al-Baqarah.

Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’, [45]

Papa dalam hidupnya memang keliatan selalu tenang dan sabar dalam menghadapi permasalahan apapun dalam kehidupannya. Beda sekali dengan aku yang suka panik to the max seperti cacing kepanasan kalau sedang putus asa. Tapi pesan tersebut selalu menempel dan terpraktikkan dengan sendirinya dikala depresi mode ON mendatangiku.

Pesan lain papa yaitu untuk selalu bersedekah dan membantu orang dikala lapang maupun sempit dari kutipan Hadist berikut di link ini. Kalau dipikir secara logika ditambah setelah lama hidup dimari, memang tak sampai akal bagaimana stress masalah bisa selesai dengan sabar dan shalat. Bagaimana kesulitan dunia kita bisa selesai dengan membantu kesulitan orang lain. Tapi ujung-ujungnya memang tak jauh-jauh dari keyakinan akan Tuhan. Hanya dengan keyakinan lah kita masih bisa yakin akan melihat cahaya di ujung jalan walaupun sekarang hanya melihat kegelapan. Tapi keyakinan tak sama dengan kepedean alias sombong hati yah itu sih namanya ego. Keyakinan juga berarti pasrah atas ketentuan yang ada serta bersyukur atas nikmat yang diberikan aih sungguh manusia itu jarang sekali bersyukurnya.

Seorang teman baik mengigatkan kalau orang jahat saja rezeki dan kebutuhannya terus menerus dipenuhi oleh Tuhan, maka kita yang berusaha dan terus berdoa masa sih tidak Tuhan pikirkan? Oh dan si teman kebetulan sedang mengingatkanku bahwa keyakinan kepada Tuhan itu seharusnya seperti keyakinan sang bayi ketika berada di gendongan ibunda. Tak ada keraguan sedikitpun akan jatuh tergelincir dari pelukan ibunda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s