Catatan bekerja di Prancis[2] – Produktivitas

Sudah tidak asing didengar lagi kalau peringkat produktivitas kerja di dunia sebagian besar diisi oleh negara-negara Eropa, tak luput Perancis yang rajin sekali keluar sebagai juara dunia urusan produktivitas kerja. Apakah mitos agung ini layak membuat orang Perancis bersuka cita? Katanya sih ya [2], produktivitas itu adalah landasan dari pertumbuhan ekonomi. Jadi, semakin tinggi produktivitas, semakin cepat pula pertumbuhan ekonomi suatu negara. masa iya sih? Katanya lagi IMF mengenai ranking pertumbuhan ekonomi [3], kok ya Perancis termasuk the World’s Slowest Growing Economies alias rangking 30 dari bawah yang paling lambat tumbuh GDP-nya. Kalau dilihat-lihat, geng negara-negara Eropa yang bermitos produktivitas tinggi yang lain juga pada punya laju tumbuh GDP yang lambat. Bahkan Indonesia kali ini boleh berbangga hati karena termasuk the 40th world’s fastest economic growth , walopun ini berkat tingkat konsumtif orang-orang kelas menengah ke atas yang hobi meningkatkan kuantitas belanja.

Mengapa mengapa mengapa bisa begitu?

Tujuan bahasan ini bukan mau membahas serius secara ilmiah wahai teman-teman, melainkan hanya ingin memaparkan kebiasaan perilaku keseharian aneh bin ajaib bule Perancis ini untuk berhumor ria khususnya di dunia kerja, yang *menurut gue* mungkin memberikan sumbangsih terhadap kelambanan pertumbuhan ekonomi mereka dan sedikit meragukan mitos produktivitas kerja orang Perancis.

Sapalah seluruh kolega di kantor setiap pagi

Dire bonjour à tout le monde, alias bilang selamat pagi ke semua orang adalah tata krama dasar ala orang Perancis. Tidak sopan namanya kalau belum sapa semua orang ketika datang. Apalagi kalau perempuan musti cipika-cipiki. Walhasil bayangin kalau musti cipika-cipiki sama belasan orang di kantor sebelum mulai kerja, datang jam 9, ditambah ngupi-ngupi dulu, mulai kerja bisa satu jam setelahnya😛.

Kalau antar pria yang salaman tangan aja, waktu yang dihabisin bisa beberapa detik lebih cepat. Jadinya, wanita yang kerja di lingkungan engineering seperti gue ini, yang 95% kolega kantor adalah para pria, adalah yang paling tidak produktif sekantor. Kadang mau coba curi-curi datang pagi supaya kolega yang dateng belum terlalu banyak juga gak ngaruh. Nanti kolega-kolega yang datang belakangan juga bakalan nyamperin kita yang sudah mulai bekerja untuk mengganggu konsentrasi kita tiap 5 menit. -_- Mau datang siang alias sambil cuti pagi juga tetap harus sapa orang yang belum ketemu hari itu. Ritual ini spesial hobi orang Perancis karena gak semua orang Eropa seperti ini. Teman gue orang Spanyol dan Italia juga sempat ngedumel keheranan kenapa harus cipika-cipiki sama orang yang kita temuin setiap hari, berhubung di negara mereka cipika-cipiki itu ya kalau sudah beberapa hari atau seminggu gak ketemu. Tanya kenapa😕

Pause café alias ngopi-ngopi ngerokok dulu

Istirahat buat ngopi-ngopi ala Perancis rata-rata 3 kali sendiri, kalo di kantor gue bisa 4 kali. Sekali pause café minimum 15 menit. Jadi jadi jadi kapan dong kerjanya. Sampai sampai menurut asosiasi sindikat untuk urusan layanan otomatis (mesin, dsb) bikin survey tentang frekuensi orang Perancis konsumsi kopi di kantor setiap hari [5]. Bahkan awal tahun 2014 nanti, TVA penjualan mesin kopi di kantor akan dinaikkan sehingga harga kopi di mesih bisa naik sekitar +5 centimes.

Rapat lagi, mau langsung atau via telepon, telekonferens, yang penting rapat terus

Yang ini udah sempet di bahas di part 1 yak! Tapi ditulis ulang karena menurut gue ini memengaruhi mitos produktivitas kerja mereka juga.

Kerjaan ini bukan bagian saya, jadi ya gak dikerjain. Gak selesei pas deadline juga gapapa.

Rata-rata, disini orang punya deskripsi yang jelas tentang pekerjaannya, cakupan dan teritorial yang berhak dia kerjain. Sebagian besar orang disini juga punya tanggung-jawab yang besar untuk menyelesaikan pekerjaannya dan jarang ada yang teledor dengan kerjaannya sehingga harus diselesaikan orang lain. Sehingga mental orang disini ya mengerjakan kerjaan bagiannya saja. Kalau ada kerjaan lain yang belum dikerjain, walaupun mereka mampu, gak akan disentuh karena bukan wilayahnya. Hal ini bagus di satu sisi, tapi terkadang memperlambat selesainya kerjaan dan gak jarang ada proyek yang gak selesai sesuai jadwal deadline karena harus nunggu orang yang bersangkutan nyelesein kerjaannya walaupun sampai musti nunggu si doski pulang dari cutinya >_<. Memang menurut pengamatan gw pada dasarnya sebagian orang Perancis gak terlalu mentingin deadline juga.

Rajinlah kirim email dan taruh semua orang di CC copy

Gue memang belum pernah kerja di Indonesia, tapi dari beberapa cerita teman, kontak untuk urusan pekerjaan bisa dilakukan dengan berbagai media yang variatif, selain email, BBM-an, IM internal perusahaan, dsb. Di Perancis apa-apa harus melalui email dan gak hanya itu, semua orang harus ditaruh di tujuan CC. Manager sudah pasti wajib, selain itu semua orang yang berhubungan dengan masalah atau anggota tim biasanya selalu minta “jangan lupa gw di Cc ya”. Jadi bayangin engineer mula yang masih bapuk seperti gue bisa terima puluhan email per hari. Di satu sisi ini bermanfaat di kemudian hari untuk menyusuri seluruh aktivitas, keputusan serta masalah. Tapi terkadang ada kebutuhan mendesak dimana kita butuh respon yang cepat tetapi tidak bisa terlaksana karena menunggu respon si bos yang terima email ratusan sendiri. Walaupun ada flag yang bisa mengindikasikan urgensi email, tapi kalau semua orang butuh respon urgen ya samimawon <_<

Sumber:

[1] http://www.contrepoints.org/2013/09/12/138767-productivite-crimes

[2] http://people.stern.nyu.edu/nroubini/NOTES/CHAP4.HTM

[3] http://macromon.wordpress.com/2013/05/02/worlds-fastest-slowest-growing-economies/may2_slowgrowth-2/

[4] http://www.frenchmomentsblog.com/on-se-fait-la-bise/

[5] http://lci.tf1.fr/economie/consommation/la-pause-cafe-une-passion-pour-les-francais-8261963.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s