Mau kuliah di Perancis?

Eropa memang salah satu dari tempat tujuan kuliah teratas untuk pelajar-pelajar di Indo. Dulu sebelum mendarat ke Perancis, gw selalu berpikir kalo negara2 di Eropa itu sebelas-duabelas secara kultur, karakter penduduk, interest, dan lain-lainnya. Tak disangka setelah melewati 2 tahun di Perancis dan bertukar cerita dengan para perantau yang belajar di negeri2 tetangga Eropa yang lain, masing2 negara punya karakteristik sendiri.

Setelah melewati arum jeram kehidupan di Perancis selama 2 tahun, beberapa hal mungkin bisa jadi catatan buat yg berencana melanjutkan kuliah ke negeri Eiffel ini. Selama kuliah, gw berkesempatan berada di kampus dimana lumayan banyak mahasiswa asing-nya. Mulai dari negara2 Maghreb, berbagai orang asia (cina, india, vietnam, dll), amerika latin, dan lainnya. Ini menjadi keberuntungan sendiri buat gw yang begitu mendarat di tanah Perancis masih kacau balau berbahasa. Selain punya banyak teman senasib sepenanggungan, senangnya karena setidaknya masih ada yg mau diajak  berbahasa Inggris.

Penting gak sih bisa bahasa Perancis buat kuliah disini?

Dulu sering melihat teman2 yg lanjut kuliah ke negeri kompeni ato tempat pak Habibie, mereka gak terlalu mendalami bahasa setempat sebelum berangkat. Well, that’s a BIG NO NO di Perancis. Pertama, sebagian besar orang Perancis tidak mau/bisa  berbahasa Inggris. Kedua, sebagian besar program kuliah di Perancis pasti menggunakan bahasa Perancis sebagai bahasa pengantar. Kecuali kalau yg ikut program internasional Erasmus dan sejenisnya. Tapi walau begitu, hidup keseharian sangat sulit dilewati tanpa depresi karena bahasa. Perlu dipertimbangkan juga kalau disini  kita tak hanya kuliah, tetapi juga harus berintegrasi dengan “orang-orang lokal” (read: orang Perancis) yg obrolannya “topik-topik lokal”. Gw termasuk beruntung bisa punya banyak teman internasional di kampus yg senang “bertopik internasional” ketika mengobrol, tapi sebagian para perantauan lain kurang seberuntung itu sehingga mau tak mau harus sering depresi karena keseringan “roaming” dengan obrolan “orang-orang lokal”.

Orang Perancis introvert ?

Pada dasarnya orang2 Perancis rata2 gentle dan sopan. Hanya bedanya dengan orang2 AS, latino, jerman, spanyol dan beberapa negara lain, memang benar kalau orang Perancis agak tertutup. Walaupun kuantitas imigran cukup banyak, tapi mereka bukan termasuk orang2 yg multikultural dan gampang mengabsorbsi perbedaan. Kenapa di section atas saya menyebut mereka sebagai “orang-orang lokal”? Karena memang sebagian besar cara pandang mereka, wawasan serta topik obrolan yg interest buat mereka agak “lokal”. Ini biasanya terjadi pada orang2 Perancis yg menghabiskan sebagian besar hidupnya (TK, SD sampai kerja) hanya diseputar tanah kelahirannya saja. Kecuali mereka yang terbiasa bergaul dengan foreigner (seperti kebanyakan orang2 Paris), sisanya tampak gak terlalu nyambung dengan wawasan2 internasional ataupun multikultural. Jadi, buat yang terjerumus sendiri di segerombolan “orang-orang lokal”, harus super usaha menambah wawasan lokal anda untuk berintegrasi ^_^

Situasi pemerintahan dan politik tahun ini untuk mahasiswa pendatang?

Ini isu paling hangat disini, khususnya bagi mahasiswa pendatang tahun ini. Semenjak peraturan circulaire baru untuk membatasi jumlah pendatang dan mengurangi sebanyak kurang lebih 20000 makhluk per tahun. Seluruh para perantauan mulai terganggu tidurnya. Yang sebelumnya kita para perantauan tdk peduli dengan isu2 politik setempat mendadak jauh lebih tau perkembangan politik dibandingkan di negara sendiri -_- Seluruh keperluan administrasi ijin tinggal dipersulit untuk seluruh foreigner, gak peduli pelajar, pekerja, imigran, termasuk yg menikah dengan warga setempat. Mengantri untuk keperluan izin tinggal dari jam 6 pagi atau bahkan dari tengah malam di prefekture (seperti kantor camat) sudah menjadi hal biasa. Pelajar2 diharuskan punya dana yg sangat tinggi untuk bisa dapetin izin belajar, dan berbagai peraturan baru lain yang mempersulit.

Well, that’s a bit of insight for those who are interested. Berhubung banyak sekali yang bertanya mengenai perkuliah di Perancis, saya dedikasikan halaman ini untuk list link-link bermanfaat bagi yang sedang mencari info tentang perkuliahan di Perancis. Semoga membantu🙂

116 thoughts on “Mau kuliah di Perancis?

  1. sebenarnya kalau dilihat dari segi pendidikan lebih bagus di perancis atau di jerman? tolong jawab ya galau mau kuliah dimana?trus mau nanya juga gimana yakinin orang tua kalau kita mau kuliah di luar negri

    • Tergantung desni mau kuliah di bidang apa?
      kalau dari segi pendidikan gw cuman bisa jawab untuk bidang gw, engineering, lebih bagus di jerman, karna kualitas dan kompetensi lulusannya lebih bagus, dari profesor2nya yang lebih high demanding dan matakuliah2 yg rata2 bisa diambil sesuai skill dan minat,
      sedangkan di perancis sistemnya lebih kaku dan sebagian besar mata kuliah dipatok oleh kampus dan kebanyakan harus mengulang ilmu2 yang umum yg sebenernya gak terlalu mendukung spesialisasi kedepannya (ini juga terjadi sama anak2 yg kebetulan mengambil manajemen, ekonomi)

      kalau ngeyakinin orangtua, biasanya kitanya yang harus nunjukkin kalo udah cukup mandiri, bisa hidup teratur dan gak neko2 walopun jauh dari orang tua😉

    • Kalau biaya pendidikan untuk Universitas di Prancis dan Jerman rata2 hampir sama. Kecuali di Perancis, selain sistem Universitas juga ada sistem Grande Ecole yang jauh lebih mahal. Kalau biaya hidup jauh lebih murah di Jerman terutama dari harga makanan dan sewa tempat tinggal.

    • Iya, aku dibiayai ortu.
      FYI, untuk tahun ini jaminan student di Prancis perlu kurang lebih 6500€-an. Kenapa di Jerman lebih besar, itu lebih ke pengaruh kebijakan masing2 pemerintah. Tapi reality biaya kehidupan lebih murah di Jerman.

  2. Mba Irsalina.Kalo kita mau sekolah di Perancis apakah harus ada orang yang menjamin kita untuk tinggal disana?

    • Iya, biasanya untuk keperluan visa studi, perlu ada surat yang menjamin kalau kita punya dana yang dibutuhkan untuk tinggal disana, misalnya dari lembaga beasiswa, atau dari orang tua, atau rekening bank tabungan sendiri.

  3. Mba Irsalina….gimana kalau anak saya yang ingin melanjutkan SMA di Perancis tapi ga ada sanak saudara disana.Apakah bisa….?Apa prosedurnya susah?

    • Wah, kebetulan saya belum pernah punya kenalan pelajar Indonesia yang melanjutkan SMA di Perancis, biasanya melanjutkan kuliah S1, S2 dan S3. Tetapi menurut saya, seluruh prosedur sama untuk jenjang pendidikan apa saja, intinya surat penerimaan sekolah, dana ressource minimum terpenuhi, dapat tempat tinggal, dll. Untuk lebih jelas, bisa kontak langsung Campus France ya Mbak Ade http://www.indonesie.campusfrance.org/ .

  4. mba irsalina, klo kita mau ke france jurusan apa yg biasanya unggul disana ? aku inshaallah taun depan berangkat kesana tp masih galau juga mau ambil jursan apa ?dulunya aku lulusan D2 IT.. nah untuk kuliah yang baru ini aku mau yg kerjaanya banyak di france hehehe

    • kalau yang lowongan kerjanya banyak, biasanya yg dibidang “engineering”, mulai dari sistem informasi, elektronika, mekanik, network, dan sekitarnya. Jadi kamu bisa lanjutin studi kamu di bidang IT juga yg spesialisasinya macem2 karna IT pilihannya luas.

  5. Mbak irsalina aku mau nanya untuk biaya hidup per bulannya diluar paris berapa ya biasanya?aku mau bgt ngelajutin kuliah di perancis tp takut biaya nya terlalu besar untuk orangtua aku.makasih ☺

    • Halo Sonia. Kuliah ku kebetulan pindah kota beberapa kali dan selalu diluar Paris (Brest, Rennes, Caen), biaya hidup perbulan gak pernah lebih dari 500€ (udah + main dan jalan2). semoga membantu.

  6. Maaf mbak,itu sekitar 500 euro sudah di potong caf/subsidi pemerintah untuk tempat tinggal blm?oh iya maaf sebelumnya klo boleh aku tau email mbak irsalina,aku mau tanya2 sedikit lg tentang hidup di perancis krn mbak udh pernah tinggal disana hehe.makasih mbak

  7. Hi sonia, wah asik bgt nemu blog ini, pas bgt. Mau nanya kalo di paris kira-kira biaya hidupnya jauh ga dr 500€ itu? *semoga engga hehe..
    Trus ada bantuan untuk tempat tinggal dari CAF itu susah ga ya dptnya? Sonia akutan ga program CAF itu?
    Thank you!!! Bener tuh! Mau dong kalo bisa emailan haha tx!

    • sendiri aja juga bisa, tentunya dibantu dengan Campus France di Jakarta. Kalau pakai agent terlalu mahal dan sebenernya gak perlu ya, karena semua prosedurnya bisa dilakukan sendiri.

  8. salam kenal mb irsa, saya rencana tahun depan melanjutkan program S 2 dan sekarang sy belum kursus bahasa kira kira perlu berapa bulan saya persipanyanya mba ? trus apa lebih baik sy lewat agent atau sendiri trus kalo untuk S2 apa ada syarat umur untuk kuliah di paris mba?

    • Kalau program S2 lebih baik apply sendiri, kamu tinggal datang ke Campus France untuk tahu kampus2 yg sesuai dengan jurusan yang mau kamu ambil. Biasanya persyaratan bahasa diminta lulus ujian DELF B2. Kalau baru mulai dari nol, perlu kira-kira 8 bulan intensif setiap hari.

  9. mbak irsalina, kalau untuk jurusan business management dan fashion design apakah di subsidi pemerintah? mohon infonya ya, terima kasih🙂

  10. Mbak, selain masalah politik di atas, kondisi perekonomian Eropa yang lagi resesi sekarang ini ngefek nggak sih ke kehidupan mahasiswa-mahasiswa asing di sana? Apa jadi lebih susah, atau seperti apa?
    Thx

    • Kalau untuk ke kehidupan mahasiswa asing tidak terlalu berpengaruh, mungkin hanya urusan keperluan ijin tinggal kepada prefecture yang makin sulit karna banyak sekali orang asing yang mengantri, tapi untuk student tidak terlalu ribet. Lebih ngaruh ke perekonomian perusahaan2, mungkin lulusan yang ingin mencari kerja, jadi lebih sulit karna orang prancis sendiri yang berpendidikan bagus juga terkena dampak resesi.

  11. Aku mau lulus SMA nih, rencana taun depan mau kuliah di luar negeri, pengennya sih prancis. Kira2 prosedur apa aja yang harus dipenuhi awalnya?

  12. Mbak, kalau kita menemani pasangan ke sana ijinnya sulit ga?
    istri mendapat beasiswa selama setahun, kira2 bisakah bersamaan atau harus menunggu surat invitation?
    butuh berapa lama untuk dapat membuat surat invitation dari sana?
    dengan catatan semua syarat terpenuhi termasuk jumlah deposit rekening cukup bagi saya untuk hidup setahun disana.
    Terima kasih atas jawabannya

  13. Mbak Irsalina..saya mau tanya apakah benar jika ingin studi di Perancis harus memiliki jaminan sebanyak 6500€ seperti yg mbak sebut di atas? Soalnya saya sudah pernah tanya ke campus france dan mereka bilang tidak ada jaminan….
    Terima kasih🙂

    • Setahu saya, untuk aplikasi visa jangka panjang (> 6bulan), mereka akan minta bukti ressource tabungan atau tanggungan beasiswa. Itu termasuk di list persyaratan buat visa, jadi setau saya harus dipersiapkan.

      • benar sekali. tahun depan-nya lagi ketika memperpanjang visa ke prefecture daerah di perancis, harus lampirin ressource lagi.

      • Oh begitu….o ya mbak saya mau bertanya lagi (maaf terlalu bnyk pertanyaan) . Menurut mbak yg sudah merasakan kuliah di Perancis, sebenarnya dari segi biaya itu lebih mahal di Indonesia atau Perancis? Terimakasih🙂

      • Kalau dilihat secara total (biaya pendidikan + biaya hidup), menurut pengalaman saya, untuk program S1 lebih murah di Indonesia, tapi S2 lebih murah di Perancis. Rata-rata pendidikan di Perancis, biayanya tidak jauh berbeda untuk tiap jenjang strata pendidikan, tapi di Indonesia, program Master biayanya jauh lebih mahal dibanding di Perancis.

  14. Halo Mbak Irsalina, saya pengen tanya seputar pendidikan Master dalam bidang Ilmu Hubungan Internasional di Paris deh, apa Mbak punya Informasi atau pengalaman punya teman yang mungkin dulu pernah kuliah HI atau mungkin sekarang kenalan dari Indonesia yang ngambil HI di Paris? soalnya saya ingin sekali melanjutkan kuliah saya dalam bidang yang sama di Paris. saya sudah cukup banyak mendapatkan berbagai informasi seputar jurusan yang akan saya ambil namun saya butuh lebih banyak lagi informasi langsung mengenai hal itu.

    terima kasih atas balasannya nanti.

  15. mba Irsalina, aku mau nanya dong, kalo universitas di perancis biaya per bulan + biaya masuk sekitar berapa ya mba? trus kata ortu aku, di jerman univnya ngga bayar, jadi mereka lebih mendukung aku buat sekolah di jerman mba, makasi banyak mba..

  16. halo mbak irsalina. di perancis apakah ada universitas yg menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar? apabila ada, di kota mana dan nama universitasnya. terima kasih mbak. salam

    • Wuah, kalau saran saya, Perancis bukan negara yang tepat untuk mengambil kuliah dalam bahasa Inggris. Secara negara-nya tidak terbuka dgn bahasa Inggris, kuliah program bahasa Inggris akan sangat mahal sekali dan kamu akan kesulitan sosialisasi sama orang2 Perancis. Kenapa gak ke Inggris sekalian ?

  17. Halo Mbak Irsalina, rencananya saya mau apply ke Université d’Orléans untuk program MBA. Untuk tahun ini pendaftarannya belum dibuka tapi kebetulan saya udah sempat tanya-tanya dengan bagian International Relations-nya. Sebelum terlanjur apply, kalau mbak tau/punya info tambahan, saya pengen tau tentang kualitas universitas tersebut, dan bagaimana situasi & kondisi di daerah Orleans khususnya untuk international students. Terima kasih banyak, mbak🙂

    • Wah, kalau program studi MBA saya gak terlalu tau, karna saya di engineering. Mungkin bisa tanya Campus France mengenai reputasi universitas untuk program2 MBA.

      • Oh ya mbak, sebelumnya kan mbak bilang kalo biaya hidup per bulan sekitar 500 euro. itu udah termasuk biaya sewa akomodasi atau belum? Sorry banyak tanya hehehe… Thanks🙂

  18. Bonjour🙂
    Mbak irsa, aku cek website akomodasi di perancis di adele.fr. Ada kolom “Loyer mensuel TTC et TCC (€)” “Frais de dossier (€)” dan “Dépôt de garantie (€)”. Karna saya sama sekali belum kursus bahasa perancis, jadi bolak balik buka google translate :p
    Walaupun gitu tetep belum terlalu paham maksudnya apa. Terutama di Frais de dossier yang sampe 95 euro. Mungkinkah ada yg semurah itu? Merci🙂

    • Halo!
      Loyer mensuel itu biaya kamar yang harus kamu bayar tiap bulan, kalau Frais de dossier itu adalah biaya pengurusan dokumen tempat tinggal yang kamu bayar sekali aja di awal penyewaan tempat tinggal, kalau Dépôt de garantie, biaya jaminan yang kamu bayar sekali aja di awal penyewaan, yang akan dipotong ketika ada yg rusak selama periode penyewaan, kalau gak ada yang rusak, ketika kamu pindahan, uangnya akan dikembalikan.

      Semoga menjawab ya:)

  19. bonjour !
    seneng bgt bisa nemuin blog ini ,
    slm kenal yaa mbak irsa .
    biasanya di kota2 mana aja ya di perancis yang biaya hidupnya ga semahal di paris, lyon, ato kota2 besar di sana ?
    trs klo untuk jurusan arsitektur apa emang ga di ajarkan di universitas negeri ?
    merci🙂

  20. senang bisa berkenalan sama mbak irsalina. perkenalkan nama saya erwin. mohon izin bertanya mbak untuk program s3 di perancis, bidang biologi/pertanian, universitas yang tepat di prefektur bagian daerah mana ya mbak kalau bisa di luar kota paris agar biaya hidupnya tidak terlalu mahal

  21. mba, aku ada rencana lanjut kuliah d perancis/paris . rencananya mau lanjut S2 tapi aku dari D4 bisa gk ya d sana langsung lanjut S2. Soalnya beberapa univ. d Indo gk bisa. terus untuk pelajar dari Indonesia d sana lumayan banyak gk mba ? kira2 butuh waktu berapa lama untuk bisa beradaptasi sama keadaan d sana ? thx sebelumnya

  22. bonjour mba irsalina..
    nama aku bintang, baru rencana mau ngelanjutin S1 ke German atau Perancis nih..
    untuk ke German aku udh paham rata2 detailsnya..
    tp kl yg ke perancis, itu deposit nya 6500euro ya?
    dan aku rencananya memang mau ambil les bahasa dulu..
    ada referensi lain ga mengenai cara2 kuliah ke perancis tanpa agent?
    apa aja yg harus di siapin?
    terus comparison sama German apa aja mba?
    kalau berkenan saya minta penjelasan ke bintangsaya@yahoo.com ya mba..
    makasih banyak mba..

      • Trims Nasya! Bintang silahkan datang ke CampusFrance. Iya, ke Perancis perlu 6500 di tabungan kamu (atau orangtua yang menanggung). Untuk cari uni Gak perlu agen, tips dari saya cuman satu: rajin2 Googling.
        1. Cari universitas yg mau di apply, Googling pake bahasa inggris atau perancis bidang yg sesuai. Cari tau persyaratan masuk. Siapin dokumen yg disuruh. -kayak ginian gak perlu bayar agen-
        2. Apply beberapa, tunggu LoA (Letter of Acceptation)
        3. Ke CampusFrance caritau info apply visa study.

  23. Mbak, saya mau tanya donk. Di perancis itu saya denger ada kampus negeri yg free biaya. Apa itu bener? Jd kalau kesana hanya menanggung living cost saja? Thx

  24. permisi ka,
    apakah di universita” di perancis menerima lulusan SMK?
    apakah di perancis bisa kerja part time? susah ngga cari kerja part time di perancis?

  25. Selamat malam kak irsalina🙂
    Kebetulan saya teratrik untuk melanjutkan program master di Nantes, Perancis tapi masih minim banget pengetahuan tentang Perancis.
    Mau tau dulu aja nih kak, kakak kuliah di perancis dapat beasiswa apa ya? Beasiswa yang recommended untuk dipilih selain EM apa ya? Apa waktu kakak mulai kuliah di sana sudah harus lulus tes DELF B2?
    Terima kasih

  26. Setuju banget sama tulisan di atas… Saya sering bilang jg ke tmn yg mau kuliah di perancis.. wajib (minimal) bisa bahasa perancis dasar..untuk percakapan sehari-hari. Bbrp org yg cuma jadi turis ke perancis ada yg bilang org perancis ga ramah,.. kalo mnurut saya bukan ga ramah, tp mgkn para turis itu ngajak ngobrolnya pake bahasa inggris😀 ..hehe. Coba ajak ngobrol pake bahasa inggris, rata2 mereka respect sama org asing yg mau berbahasa perancis dgn mereka.

    Kalo boleh saya tambahkan (sesuai pengalaman saya).. org perancis agak pelit kasi nilai di ujian. kalo ga “tres tres parfait” jawaban kita.. susah dpt nilai tinggi.

  27. maaf posting saya ada yg salah tulis…

    ………………. kalo mnurut saya bukan ga ramah, tp mgkn para turis itu ngajak ngobrolnya pake bahasa inggris😀 ..hehe. Coba ajak ngobrol pake bahasa perancis, rata2 mereka respect sama ……………….

  28. Mba mau tanya dong, saya mei ini berangkat ke paris buat belajar bahasa dulu sebelum kuliah, dapet logement €250. Kalo masak sendiri gitu €500 cukup ga ya /bulan. & apa diperancis mudah dapet part time?

    • cukup banget 500€ sebulan, nanti kamu dapet bantuan CAF untuk logement, jadi bayarnya lebih murah lagi. Kalau rajin masak, buat makan juga gak bakal lebih dari 100€/bulan buat makan kok

      • saya sudah tanya dengan salah satu anak PPI Prancis, katanya potongan CAF tergantung dengan logement masing” karna ada yg tidak mendapat caf, nah kondisi logement nanti (rumah orang indonesia) & hanya tinggal 4 bulan di parisnya, sisanya di kota lain, kemungkinan besar tidak mendapat caf karna pengurusan caf yang lama , apa benar?

      • Kalau pengurusan CAF di Paris gw gak terlalu paham, tapi ada kemungkinan iya. Karena sebagian besar pengurusan administratif di Paris (Titre de Séjour, CAF, dll) memang makan waktu agak lebih lama dibanding kota-kota lain. Kota Caen tempat gw misalnya, ada beberapa anak yg dateng buat belajar bahasa doang, 4-6 bulan, tetep dapet CAF karna delai gak selama di Paris.
        Mungking untuk spesifik Paris perlu tanya ke anak yg tinggal di Paris.

  29. Mbak .. mw nanya ..
    Kuliah fashion di paris murah nggak ??
    Saya baru lulus smk jurusan busana .. ingin ngelanjutin di paris ..
    Ada nggak universitas jurusan fashion yang harga nya murah ..
    Soalnya saya mw biaya sendiri .. nggak mw ngerepotin orang tua ..
    Bisa nggak ya ,??
    Ditunggu balesannya mbak ..

  30. Mbak .. mw nanya ..Kuliah fashion di paris murah nggak ??Saya baru lulus smk jurusan busana .. ingin ngelanjutin di paris ..Ada nggak universitas jurusan fashion yang harga nya murah ..Soalnya saya mw biaya sendiri .. nggak mw ngerepotin orang tua ..Bisa nggak ya ,??Ditunggu balesannya mbak ..

  31. Hi Mbak, Salam kenal… Mau nanya donk… Aku kan baru udh slesai S1, rencana mau lanjut kursus bahasa di france karena pacar aku orang sana… Aku mau blajar dulu bahasa Nya jadi kalo next pindah sama biar bisa kerja juga. Aku Denger visa untuk saat ini susah ya walaupun pelajar? Mohon info ya Mbak di indonesia ada Agen resmi nggak ya untuk tau.
    Thnk u

    • Kalo visa Student gak sulit kok, asal udah diterima sekolahnya. Yang sulit visa kerja. Kalau mau belajar bahasa disini juga gak terlalu sulit prosedurnya karna gak ada persyaratan harus lulus ujian bahasa dulu sebelumnya. Ada CampusFrance, agen resmi untuk belajar di Perancis yang bisa bantuin kamu mulai dari daftar sekolah sampai urus visa.

      • Thank you Mbak info Nya… Ooh Iya Denger-Denger ada limit Usia Nya ya kalo study? Iya nggak sihh? Klo lanjut skitar umur 26/27 baru mau kursus masih bisa nggak? mau kursus bahasa trus lanjut master mahal nggak Mbak?

      • Ngga ada limit usia kok kalau untuk belajar di universitas S1 atau S2. Disini banyak yang ganti-ganti jurusan karena gak cocok bidang studinya juga, jadi banyak yang umur segitu baru mulai kuliah. Apalagi untuk master banyak juga yang di atas 30an.

  32. mba kalo master d bid. desain dan arsitektur rekomendasi kampusnya dimana ya mba?
    pergaulan anak2 internasional di sana gimana sih?

  33. Mbak irsalina, saya skrg sdang studi S2 di Dijon, Prancis dan tinggal di Chalon sur Saone.saya sdang cari kerja part time krn saya brangkat kesini mnnggunakn biaya pribadi.apakah ada info kerja utk saya yg blum lancar bahasa Prancis? Mohon bantuannya.terima kasih.

    Salam,
    Nuzla

    • Halo Nuzla,

      kalo part time dari pengalaman teman2 indo paling cari di restaurant2 sebagai serveur/serveuse atau cuci piring, babysitting.. Kalau mau cari ke restoran itu lebih baik kamu langsung datengin satu2 restorannya sambil bawa CV, sementara kalo babysit bisa cari di bbrp web contohnya
      https://yoopies.fr/annonces/apropos

      Tapi setau saya mereka akan perlu kemampuan bahasa Perancis juga, sebagian kerjaan disini begitu, tapi kamu coba aja barangkali ada yang mau nerima..

  34. selamat sore mbak irsalina,saya dr jogja.mw nanya nih,saya kan lg semster awal s2 di bidang magister teknik industri dan kebetulan sedang mengambil kursus bahasa perancis tp baru di level A1…ingin setelah lulus s2 melanjutkan s3 di perancis,adakah rekomendasi university disana yg bagus untk jurusan s3 teknik industri?trmksh

  35. Selamat malam mbak, saya mike mbak.
    mbak di perancis ada nggak program lanjutan dari D3 ke S1 khususnya di bidang pariwisata? selain itu, ada nggak mbak program beasiswa penuh-nya?

  36. Mba info dong mau kuliah disana tapi bingung gimana langkah pertama buat kuliah di prancis. Pasti langkah pertama les bahasa prancis. Lah selanjutnya itu ngurus2 nya gimana mbingungin banget bikin stres. Iya kalo lulus tes bahasa prancisnya. Trus juga masalah pendaftaran masuk kuliahnya di universitas mananya.
    Dan aku juga bingung ngambil agent atau ngurus sndri ?
    Tolong di bales ya mbak. Atau minta contac personnya mba irsa. Bantu yaah kak.😔❤️

  37. Hi mbak Irsalina,

    Terima kasih, tulisannya sangat membantu. Tahun depan saya rencana kuliah s2 di Paris dengan menggunakan biaya sendiri. Tapi menurut mbak, apakah memungkinkan apabila saya kuliah s2 sambil bekerja untuk mensupport kebutuhan tiap hari saya selama di Paris? Dan juga untuk mengumpulkan biaya untuk di tahun ke 2
    Mohon di balas ya mbak karena kalau hanya belajar, kemungkinan saya tidak mampu membayar kuliah dan biaya hidup di tahun ke 2.
    Terima kasih,

    Anna

    • Halo Anna, bekerja part time disini mungkin-mungkin saja, kamu bisa babysitting atau kerja di restoran. Tapi tergantung kuliah kamu juga seberat apa, apakah memungkinkan dengan kesibukan kuliah untuk sambil part time, karena sudah sampai sini jgn sampai gak lulus karna kesibukan yg lain. Selain lewat part time, kamu juga bisa ambil job ketika summer selama 3 bulan setelah selesai tahun pertama jadi gak mengganggu kuliah kamu.

  38. mbak irsa untuk melanjutkan kuliah s1 di prancis apakah harus mengambil gap year dahulu? apakah saat pendaftaran ijazah sma harus dilampirkan?

  39. bonjour, kak.
    aku pengen s1 di prancis di bidang teknik. tp aku di SMA gak terlalu pinter, biasa biasa aja. apa kuliah disana cuma buat org pinter aja ? trus aku pengen dpt beasiswa, gak mau tergantung sama fasilitas orangtua. ada saran gak dr kakak ? oh iya 1 lagi, aku bingung kalo pake agent kan mahal tuh, tapi kalo lewat campusfrance di jakarta sedangkan aku di bandung.
    ditunggu balesannya loh kak, maaf yah pertanyaannya banyak =D

    • Halo Hany, kalau s1 biasanya jarang ya program beasiswa, biasanya s2 dan s3. Tapi alternatif lain kamu bisa part time. Sebaiknya kamu fokus cari kampus dulu via campusfrance langsung (gak perlu pakai agen) untuk apply kuliah baru setelah keterima baru bisa lihat2 peluang part time di perancis!

  40. hai kak, mau aku mau tanya. kalau kuliah di prancis pake biaya sendiri bukannya harus ada minimal uang di bank account kita pertahun? pernah ada yg bilang soalnya hehe. kalo beneran ada kira kira kakak tau ga berapa nominalnya? ditunggu jawabannya terimakasih sebelumnya kak🙂

    • Halo Prita, persyaratannya tergantung kampus yang mau kamu apply. Kampusnya kalo bingung mau apply yg mana yg bagus sesuai jurusan yg kamu minatin, bisa kontak langsung ke Campus France..🙂

  41. mbak irsalina, thx bnget pengetahuannya mengenai pengalaman mbak di Perancis, saya ingin bertanya susah tidak ya mencari pekerjaan sampingan-sementara disana apabila kita ingin kuliah sambil parttime buat itung2 mencari pemasukan tambahan? merci beacoup🙂

    • halo Fira, kuncinya sbnrnya di kemampuan bahasa prancis. kalau bisa ngomong dengan baik, lebih gampang dapet job part time. kebanyakan mahasiswa indonesia disini bisa part time sebagai babysit atau kerja di restoran.

Leave a Reply

