Tahajud

Sedikit mengenai salat tahajud dari buku Keajaiban Shalat Tahajud karya M. Shodiq Mustika dan Rusdin S. Rauf.

Kaya dan bahagia dengan Tahajud
Setan mengikatkan tiga ikatan pada tengkuk kepala setiap orang di antara kalian ketika tidur. Pada setiap tali, setan berseru [dengan bisikan halus],

Lewatilah malam yang panjang ini dan tidurlah!

 Jika ia bangun karena ingat akan Allah, lepaslah satu ikatan. Jika kemudian ia berwudhu, lepaslah satu ikatan lagi. Jika kemudian ia shalat, maka lepaslah semua ikatan itu, sehingga pada paginya, ia akan giat bekerja [sehingga menjadi kaya] dan jiwanya baik [sehingga menjadi bahagia]. Jika ia tidak melakukan semua itu, maka pada paginya, jiwanya akan tidak baik [sehingga tidak akan bahagia] dan ia akan malas bekerja [sehingga tidak akan kaya]. {HR. Bukhari, Muslim dan Abu Dawud)

Tidak semua orang di antara kita yang melaksanakan tahajud lantas menjadi kaya dan bahagia. Tidak sedikit yang justru tenggelam (menjadi miskin dan kian sengsara) dalam tahajud. Jawabnya, mungkin ada pada penilaian kita terhadap kualitas shalat tahajud sudah benar dan sempurna, padahal keliru.

Sesungguhnya pelaku ibadah itu mengira telah menegakkan shalat [seutuhnya], padahal tidaklah tertulis baginya, kecuali setengah shalat atau sepertiganya, atau seperempatnya, atau seperlimanya, sampai sepersepuluhnya. (HR Ahmad dan Abu Daud)

Terhadap sabda tersebut, seorang sahabat Ammar bin Yasir ra, menerangkan:

Yang dicatat untuk dia (si pelaku ibadah) dari shalatnya hanyalah apa yang ia tegakkan dari shalat itu dengan akalnya. (HR Ahmad dan Abu Daud)

One thought on “Tahajud

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s