Berkebun

Pertanian, perkebunan dan seluruh aspek pengembangan yang menggunakan lahan hijau seharusnya mendapat perhatian penuh dari pemerintah. Great potential. Harga CPO telah turun drastis dari Rp 1700/kg menjadi Rp 350/kg. Ancaman krisis ekonomi global membayangi seluruh aspek industri. Sehingga berbisnis apapun tidak menjamin terus menerus last long. Tapi, pengembangan lahan melalu bertani/berkebun tetap harus. Mengingat kelapa sawit memiliki potensi terbesar kedua di dunia. Selain itu, ketika menanam, kita menyuburkan, mencintai lingkungan, menolong kehidupan masyarakat, petani dan sambil mendapatkan keuntungan. Tidak seperti bisnis industri2 lain yang kebanyakan menyumbang kerusakan/polusi/racun ke lingkungan.

Kebanyakan orang berbisnis untuk mendapatkan passive income, katanya. Tapi terinspirasi dari kata-kata ibu Tri Mumpuni,

Hidup itu seharusnya memberikan sesuatu yang manfaatnya melampaui jangka waktu umur kita.
 

Itu bisa terlihat dari dedikasi beliau untuk desa-desa bangsa ini. Dan ternyata, siapa bilang dengan berdedikasi tidak bisa kaya, beliau telah membuktikan.
Saya sendiri, sebelumnya masih terlalu sempit dalam menentukan hal-hal yg ingin saya lakukan di masa depan. Kebanyakan tujuannya sangat self centerd, self-satisfying, dan tujuan-tujuan lain yang berorientasi untuk ‘mengamankan’ diri sendiri.

Lahan, menurut saya sesuatu yg perlu diperhatikan bangsa ini. Mengingat betapa banyaknya sumber daya yang diimpor. Di Indonesia rada timpang, semua pihak berbondong2 ingin mengembangkan IT, sementara menghasilkan listrik saja masih susah. Akan lebih baik jika semua bisa diintegrasikan sehingga sama2 bisa berkembang, bisnis perkebunan dengan sistem informasi real time mungkin?!😀😀 Mengingat kebanyakan bisnis perkebunan sekarang pengolahan informasi, masalah dan datanya masih konvensional. Sehingga jarang masalah2 di lapangan bisa ditangani dengan cepat.

3 thoughts on “Berkebun

  1. ini tulisan icha bener nih??

    wiiiiihhh, menggambarkan seorang ibu negara yang baik :))

    betul ya cha, daripada pusing cari kerja, mending ngegarap lahan di sebelah rumah, supaya bisa ngasih hasil perkebunan yang memuaskan😀

  2. @m.a.n.g.o

    siapa bilang di sebelah rumah.. -__-
    jauh tauu dari rumaah, 1jam perjalanan..Hehehe..
    Yap!! It’s been my dream for a long time..😀
    meningkatkan kesejahteraan petani, instead of engineer..Huahaha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s