Biaya hidup kuliah di Perancis

Berhubung banyak yang menanyakan biaya hidup selama kuliah di Perancis, saya berbagi sedikit dari pengalaman saya. Tahun pertama saya tinggal di Brest, tahun kedua semester pertama saya kuliah di Rennes dan semester terakhir saya magang di kota Caen. Umumnya biaya hidup di kota non-Paris rata-rata hampir sama di kota manapun, jadi biaya ini bisa dijadiin referensi buat kota-kota lain (selain di Paris).

biaya hidup

Saya tinggal di 3 kota selama kuliah, jadi bisa dibandingkan kalau rata-rata biaya hidup yang membedakan hanya tempat tinggal. Biaya hidup di atas belum termasuk biaya kuliah (tergantung universitas), biaya securité social (wajib, sekitar 200€ per tahun), visa, dll.

Tempat tinggal

Biaya sewa kamar disubsidi pemerintah Perancis melalui CAF (silahkan googling!). Harga awal studio/kamar di asrama kampus beragam, serta subsidi yang diberikan oleh CAF tergantung situasi masing-masing pelajar dan kotanya. Sewaktu di Brest, saya tinggal di studio berdua, sehingga bisa bayar lebih murah. Studio sekitar 23m kubik 2 bed (toilet, kamar mandi, dapur di dalam). Ketika di Rennes dan di Caen, saya sewa studio untuk sendiri sehingga bayarnya menjadi 2 kali lipat. Saya prefer studio karena kamar mandi dan dapur ada di dalam. Tapi kalau mau lebih hemat, bisa sewa kamar biasa dengan kamar mandi dalam, tetapi dapur diluar berbagi dengan yang lain. Biaya yang tercantum ditabel merupakan biaya setelah dipotong CAF (harga asli sewa tempat tinggal antara 200€-400€an ya).

Transportasi

Ketika di Brest dan di Rennes, asrama kampus saya hanya beberapa puluh meter dari kampus. Jadi, saya cuman naik transportasi ketika week-end saja dan gak beli abonemen bulanan. Kalau harus naik transportasi, biasanya biaya abonemen berkisar 30€-40€ tergantung umur (< 26tahun) *sekali lagi bukan di Paris. Ketika di Caen, saya bayar abonemen bulanan karena tiap hari perlu transport sehingga lebih mahal.

Komunikasi

Biaya abonemen hape untuk komunikasi bulanan (telfon, sms sepuasnya antar Perancis, internet terbatas). Sekarang operator-operator udah banting harga, jadi dengan biaya abonemen <5€ udah bisa telfon sms sepuasnya antar Perancis (belum pakai internet) *cek operator Free.

Makan di resto kampus

Tiap siang, saya biasanya makan di restoran universitas yang tentunya sudah disubsidi pemerintah. Jadi dengan 3€ sudah dapat makanan pembuka, utama dan penutup. Malam masak sendiri. Kalau mau lebih hemat bisa sering2 masak sendiri dan bawa bekal.

Belanja bulanan

Belanja bulanan termasuk belanja bahan makanan untuk masak-memasak, perlengkapan pribadi seperti sabun, shampo,odol, dll. Untuk informasi harga sabun mandi atau shampo sekitar 2-3€an buat yang gak mentingin merek :P

Hobi dan hiburan

Biaya weekend-an, nonton, jalan-jalan, makan di luar bersama teman-teman (resto, dll), berenang, dll.

Biaya di atas menurut saya adalah yang wajib dikeluarin oleh siapa saja. Biaya jalan-jalan euro trip, nonton theater, opera, berburu solde, jalan-jalan ke paris untuk belanja indomie dan bumbu-bumbu indonesia dan berbagai aktivitas aneh saya lainnya yang tidak wajib belum termasuk ya! Kalau mau lebih komplit silahkan buka link buku panduan yg dibuat oleh teman-teman PPI Marseille buat info-info lain yang lebih detil, termasuk info beasiswa, tips mencari tempat tinggal, dan lain-lain: http://fr.slideshare.net/catursugiarto1/buku-panduan-studi-pelajar-indonesia-di-perancis-ppi-marseille-2012

Untuk kumpulan link-link mengenai informasi prosedur kuliah di Perancis silahkan baca postingan ini.

About these ads

10 thoughts on “Biaya hidup kuliah di Perancis

    • Halo! Belum klik link buku panduan kuliah di Perancis yang saya kasih di atas ya? Baca halaman 8 – 20 tentang beasiswa ya. Lengkap dengan link-link yang ngejelasin tahapan-tahapannya. Kalau dari saya tahap pertama belajar bahasa perancis dulu sampai lulus DELF B2.

  1. Mbak, boleh minta e-mail? Aku mau tanya-tanya soal CAF, kebetulan Agustus nanti aku exchange ke Prancis dan biaya dorm-ku cukup berat 345€

  2. Salam kenal Mbak Irsalina, nice to find this blog :) boleh minta e-mail? Aku mau tanya-tanya soal CAF, kebetulan Agustus nanti aku exchange ke Prancis dan biaya dorm-ku cukup berat, 345€. Hiks.

    • O-level memang mau ke Inggris? kalau sekolah di perancis ya perlunya lulus ujian bahasa perancis DELF B1/B2 minimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s